Kutipan Ravenclaw

"Wit Beyond Measure is Man's Greatest Treasure"

"kepintaran yang luar biasa adalah harta yang paling berharga"

Minggu, 27 Februari 2011

Ilmu Hitam Dalam Harry Potter

I. Definisi Ilmu Hitam
Ilmu Hitam atau Dark Arts adalah suatu bagian di dunia sihir yang melanggar pada aturan-aturan yang ada pada dunia sihir. Menurut Jake Gosvina di bukunya Ilmu Hitam dan Dunia Sihir definisi ilmu hitam adalah salah satu bentuk sihir yang dikeluarkan berdasarkan sang pemakai sihir tersebut. Ilmu hitam berkaitan mengenai jenis-jenis kekuatan yang seharusnya tidak tercipta.
Sementara menurut Professor Dirk Steven Sandez di bukunya Ilmu Hitam dan Kaitannya Terhadap Muggle dan Penduduk Sihir ilmu hitam adalah suatu ilmu sihir yang digunakan untuk kejahatan terhadap orang lain dan biasanya digunakan untuk kepentingan sendiri.
Kesimpulan dari 3 definisi diatas adalah ilmu hitam adalah salah satu bentuk ilmu sihir yang dikeluarkan oleh sang pemakai yang melanggar aturan-aturan pada dunia sihir dan bertujuan untuk kejahatan terhadap orang lain demi kepentingan diri sendiri.

II. Jenis-Jenis Ilmu Hitam
Menurut buku karangan Mandy Jacky Landy di 100001 Ilmu Hitam, ilmu hitam dibagi menjadi beberapa jenis

* Dark Magic Spell atau Mantra Ilmu Hitam
Dark Magic Spell atau Mantra Ilmu Hitam menunjuk pada suatu mantra sihir yang digunakan oleh sang pemakai yang bertujuan untuk melukai atau memberikan efek negatif kepada sang penerima. Semua ilmu hitam yang termasuk dalam golongan ini adalah mantra-mantra.
* Dark Magic Items atau Benda Ilmu Hitam
Dark Magic Items atau Benda Ilmu Hitam adalah benda-benda yang mengandung ilmu hitam atau benda-benda yang digunakan dan diciptakan bertujuan untuk melukai orang lain atau memberikan efek negatif kepada sang penerima. Semua ilmu hitam yang termasuk dalam golongan ini adalah benda-benda yang diciptakan atau dimantrai dengan cacatan bahwa benda itu nyata.
* Dark Creatures atau Mahluk Ilmu Hitam
Dark Creatures atau Mahluk Ilmu Hitam adalah mahluk hidup yang lahir atau diciptakan dengan tujuan tertentu. Mahluk hidup ini tediri dari beberapa jenis tetapi pada dasarnya semuanya adalah sama yaitu memiliki tujuan kejahatan. Yang termasuk dalam golongan ini adalah segala mahluk hidup baik yang diciptakan maupun terbentuk sendiri yang memiliki tujuan untuk melukai orang lain atau memberikan efek negatif dalam hidupnya.


III. Ruang Lingkup Ilmu Hitam
Dalam essay kali ini ruang lingkup ilmu hitam terletak pada mantra-mantra yang terdapat di dalam ilmu hitam. Selain karena tugas yang diberikan, mantra ilmu hitam lebih sering digunakan daripada dua jenis ilmu hitam lainnya karena lebih cepat dan tidak menimbulkan banyak masalah.

IV. Penjelasan mengenai Mantra Ilmu Hitam
Mantra Ilmu Hitam terdiri dari beberapa jenis. Menurut buku 100001 Ilmu Hitam, mantra-mantra dalam ilmu hitam terbagi dalam 3 jenis.

* Curse
* Jinx
* Hex

Definisi dari ketiga jenis diatas kurang lebih sama yaitu mantra-mantra yang berisi kutukan terhadap sang penerima mantra. Yang berbeda dari ketiga kutukan diatas adalah kekuatan dan hasil yang didapatkan.
Curse menunjuk pada suatu kutukan yang dilakukan secara langsung. Dengan demikian kutukan yang disampaikan jelas atau langsung mengenai sasaran. Kutukan semacam ini langsung dapat berakibat sesuai dengan kutukan yang diberikan
Jinx (jamak : Jinxes) adalah kutukan seperti cursed dengan bobot lebih ringan. Jinx tidak seperti Cursed yang dapat menyebabkan kematian secara langsung (instant kill) tetapi memberikan semacam efek negatif terhadap sang penerima sihir.
Hex (jamak : Hexes) adalah kutukan yang membuat orang lain berubah dari bentuknya. Kutukan ini mengubah seluruh atau sebagian anggota tubuh penerima sihir menjadi lebih buruk. Bobot kutukan ini lebih ringan dari Cursed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut