Kutipan Ravenclaw

"Wit Beyond Measure is Man's Greatest Treasure"

"kepintaran yang luar biasa adalah harta yang paling berharga"

Kamis, 24 Februari 2011

Centaurus

KKM : XXXX

-----DESKRIPSI-----
Dalam mitologi Yunani, Centaurus (atau Kéntauroi dalam bahasa Yunani) adalah bangsa makhluk legendaris, makhluk setengah manusia setengah binatang yang dilukiskan berwujud manusia dari kepala sampai pinggang, namun bagian pinggang kebawah berwujud kuda. Jadi, Centaurus adalah manusia setengah kuda.
Centaurus muncul secara individual atau dalam kelompok dalam kisah kisah Yunani kuno. Seperti pada kisah penculikan Deianira oleh Nessus dan juga kisah perkawinan Pirithous. Centaurus individual yang terkenal di kisah kisah mitologi Yunani adalah Nessus, Chiron, Pholus dan Eurytion yang muncul dalam kisah Hercules.

-----DALAM KISAH FIKSI-----
Centaurus merupakan makhluk mitologi Yunani yang sering dipinjam sebagai karakter pendukung kisah-kisah fiksi zaman sekarang. Mereka muncul sebagai ras yang istimewa.

Kisah-kisah yang memakai Centaurus dalam ceritanya adalah :
1. The Chronicles of Narnia
Centaurus di Narnia biasanya berperan sebagai panglima perang, yang berada disebelah Raja, di barisan terdepan pada saat terjadi perang. Dan mereka juga dianggap istimewa karena sikap mereka yang setia, agak angkuh dan bijaksana, dan juga karena mereka yang bisa memprediksikan masa depan.
2. Clash of the Titan
3. Hercules : The Legendary Journey
4. Xena : Warior Princess
5. Golden Voyage of Sinbad
6. Fantasia
7. Harry Potter
Di serial HP, Centaurus digambarkan sebagai makhluk yang bisa meramal dari bintang bintang yang dilihatnya, serta sebagai makhluk yang (sebagian) anti manusia. Adapun dari kisah Harry Potter, Centaurus yang terkenal adalah Bane, Ronan, Firanze dkk.

-TERPISAH DARI MANUSIA-
Di buku Hewan, J.K Rowling berkata "Mereka memilih tinggal terpisah dengan para penyihir dan Muggle." Ini cocok dengan legenda-legenda kuno. Menurut cerita-cerita itu, Centaurus datang dari pegunungan Yunani. Di sana hubungan mereka dengan penduduk lokal agak membingungkan. Karena beberapa Centaurus gemar sekali minum anggur, mereka cenderung berisik, liar dan cepat marah. Mereka sering berperang melawan manusia. Pertempuran yang paling terkenal terjadi setelah sebuah pesta pernikahan di mana para Centaurus, merayakannya dengan terlalu bersemangat. Mereka mencoba membawa kabur mempelai wanita, hingga terjadi perang besar, dan Centaurus kalah. Adegan-adegan daram pertempuran itu menjadi dekorasi favorit di tembikar Yunani.
Meski demikian, beberapa Centaurus dikenal berbudi luhur. Chiron, setelah diajari seni pengobatan dan berburu oleh Dewa Apollo dan Artemis, ia mendirikan sekolah tempat ia mengajar beberapa pahlawat terhebat masa itu, termasuk Achilles dan Odysseus.

--MERAMAL DAN BINTANG--
Meskipun Chiron tak bisa mati, luka dari sebuah panah beracun membuatnya menderita rasa sakit yang tak berkesudahan. Maka, ia memilih mati. Tapi Zeus mengingat kebaikan Chiron, menempatkannya di antara bintang-bintang sebagai konstelasi rasi bintang Sagitarius. Konstelasi bintang lain, Centaurus, adalah salah satu dari yang paling terang di Hemisphere Selatan. Dua dari bintang-bintangnya, Alpha Centauri dan Beda Centauri, termasuh 10 bintang yang paling terang di langit. Alpha Centauri adalah bintang yang paling dekat dengan Bumi dan Matahari. Jaraknya hanya 4,3 juta tahun cahaya. Hubungan perbintangan ini mungkin dapat menjelaskan mengapa para Centaurus yang tinggal di Hutan Terlarang dekat Hogwarts, (Firenze, Ronan, dan Bane) menatap bintang-bintang untuk mengetahui masa depan.

----KEHIDUPAN MEREKA----
Di buku seri The Chronicles of Narnia, mereka digambarkan sebagai makhluk yang di istimewakan, yang ditinggikan. Namun disisi lain, mereka adalah makhluk yang penyayang.
Dan di buku tersebut juga dikatakan Centaurus mempunyai 2 perut. Satu perut manusia dan satu perut kuda. Maka dari itu, mereka harus makan makanan manusia sampai kenyang, baru setelah itu mereka memuaskan perut kudanya dengan memakan rerumputan hingga kenyang.

Sumber :
1. Wikipedia
2. Magical Worlds of Harry Potter
3. The Chronicles of Narnia Series
4. http://www.harrypotterindonesia.com/index.php?topic=4325.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut